Manfaat Leunca Untuk Asam Urat

Manfaat Leunca Untuk Asam Urat

Leunca adalah salah satu jenis sayuran yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Dalam bahasa Jawa, sayuran ini biasa disebut dengan Ranti atau ada pula yang menyebutnya dengan bahasa Maluku Bobosa. Leunca ini termasuk dalam golongan labu-labuan.

Asal muasal tanaman ini adalah dari negara Eropa dan juga Asia Barat, lama kelamaan sayuran ini juga tersebar ke negara tetangga kita yakni Malaysia. Sudah sejak 2000 tahun yang lalu tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Manfaat Leunca untuk asam urat adalah salah satu kegunaan Leunca yang paling terkenal sejak dahulu.

Di Indonesia sendiri, selain dimanfaatkan sebagai obat seringkali Leunca juga digunakan sebagai lalapan atau sayuran. Biasanya Anda akan menemukan lalapan berupa Leunca apabila menikmati masakan khas Sunda.

Baca juga: Manfaat Bekam Untuk Asam Urat

Khasiat Leunca yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit ini juga turut dirasakan di berbagai negara lain selain Indonesia. Mulai dari untuk obat pusing, herpes, hingga bisa mencegah kanker. Hal ini dikarenakan dalam Leunca terkandung banyak senyawa positif yang mampu menangkal sekaligus sebagai antibakteri.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh repository.unisba.ac.id menyebutkan bahwa dalam Leunca terdapat ekstrak etanol. Yang mana ekstrak tersebut berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Manfaat Leunca untuk asam urat juga diperkuat dengan sebuah kutipan dari laman manfaat daun buah.blogspot. Dalam laman tersebut diinformasikan bahwa Leunca juga berguna untuk mengurangi adanya serangan rematik dan bisa sebagai obat asam urat.

Jika dilihat secara empiris, tumbuhan yang satu ini selain bisa mengobati masalah persendian seperti asam urat, rematik dan semacamnya juga bisa mengobati campak. Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki bekas luka bakar juga bisa menggunakan obat alami ini agar luka lekas membaik. Hampir semua tanaman yang masuk dalam kategori terong-terongan memang terbukti bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Sayangnya, Leunca juga mengandung senyawa yang bisa meningkatkan aliran darah ke penis. Oleh karenanya seiring dengan lancarnya aliran darah ke penis ini bisa menyebabkan ereksi. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan para ahli juga menunjukkan bahwa Leunca berefek negatif bagi kaum Adam yang sering mengonsumsinya. Efek negatif tersebut yakni menurunnya jumlah sperma dan juga mengganggu kesuburan.