Manfaat Mahoni Untuk Asam Urat

06.13
Manfaat Mahoni Untuk Asam Urat

Seperti rasa obat pada umumnya, mahoni yang notabennya juga banyak dijadikan obat ini memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi dibalik pahitnya ini tersimpan banyak khasiat alami yang mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit. Hal tersebut bisa terjadi berkat adanya kandungan zat flavonoid dan juga saponin.

Setiap bagian dari pohon mahoni sebenarnya semua memiliki manfaatnya masing-masing. Mulai dari batang kayunya yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan mebel. Kemudian daunnya sebagai penyejuk jalan, sementara buahnya sebagai obat.

Baca juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Asam Urat

Manfaat mahoni untuk asam urat ini salah satu yang memanfaatkan buah sebagai obat. Meskipun belum banyak diketahui sehingga masih banyak ditemukan buah mahoni yang dibiarkan jatuh berguguran. Adapun penemuan mahoni sebagai obat ini pertama kali ditemukan oleh ahli kimia Dr. Larry Brookes pada sekitar tahun 1990-an.

Kemudian buah mahoni ini diubah bentuknya ke dalam bentuk ekstrak agar lebih mudah dalam hal pengkonsumsiannya. Meskipun sudah dalam bentuk ekstrak, kandungan flavonoid dan juga saponinnya masih tetap berfungsi dengan baik.

Manfaat mahoni untuk asam urat bisa dilihat dari kandungan flavonoid yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu, zat ini juga mampu mencegah adanya penyumbatan saluran darah, mengurangi kadar kolesterol dan juga mencegah adanya penimbunan lemak di bagian dinding pembuluh darah.

Padahal seperti diketahui bersama bahwa penyakit asam urat ini adalah penyakit yang menyerang persendian. Dimana ketika penderita kambuh maka akan merasa nyeri, bengkak hingga akhirnya tidak bisa bergerak. Hal ini dikarenakan tidak adanya peredaran darah yang lancar karena adanya pengkristalan di bagian ujung-ujung sendi.

Untuk itulah jika dilihat dari kandungan yang ada dalam mahoni dan dilihat dari gejala yang muncul keduanya saling melengkapi. Maka tidak heran jika banyak yang merekomendasikan mahoni sebagai obat asam urat.

Cara penyajian biji mahoni sebagai obat biasanya dengan mencampurkan biji mahoni yang masih segar dengan air panas. Setelah dingin barulah Anda saring dan bisa langsung diminum. Cara penyajian lain apabila bentuknya sudah serbuk adalah dengan menyeduhnya dengan air panas dan kemudian menambahkan madu lalu bisa langsung diminum selama masih hangat.

Mengingat masih minimnya penelitian mengenai manfaat mahoni untuk asam urat, sebaiknya sebelum Anda mengkonsumsi secara berlebih konsultasikanlah dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya ketidakcocokan kandungan yang ada dalam mahoni dengan kondisi tubuh Anda.

0 komentar