Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Masa Menstruasi yang Normal?

Berapa Lama Masa Menstruasi yang Normal?

Masa menstruasi atau haid memiliki siklus yang berkelanjutan setiap bulannya. Meskipun siklus tiap orang berbeda-beda, akan tetapi Kamu harus paham mana yang normal dan tidak. Dengan begitu akan lebih mudah dan lebih cepat dalam mendeteksi adanya penyakit tertentu atau ketidak normalan pada siklus haidmu.

Secara umum, siklus haid akan terjadi tiap 4 minggu terhitung dari hari pertama haid sampai ke haid berikutnya. Namun beberapa orang ada yang siklusnya lebih cepat ataupun lebih lambat. Berikut ini penjelasan masa haid yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Ciri-ciri Masa Menstruasi Normal

Masa menstruasi dikatakan normal apabila siklusnya berada di rata-rata per 28 hari. Namun ada toleransi maju dan mundur waktu jarak normal haid antara 23-35 hari. Dengan durasi menstruasi antara 3-5 hari. Dimana biasanya masa ini disertai kram perut dan juga nyeri punggung akibat perubahan hormon.

Selain rentang waktunya, untuk mendeteksi normal tidaknya masa haid Kamu yaitu dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Sekali Dalam Sebulan

Haid dikatakan normal, jika Kamu mengalaminya sekali dalam sebulan. Ini artinya siklus haidmu normal. Menstruasi terjadi 14 hari setelah masa ovulasi atau masa subur. Dengan begitu periode ini akan terus berulang dengan rentang waktu yang sama. Bisa saja mengalami maju atau mundur tetapi tidak lebih dari seminggu.

2. Tidak Lebih Dari 7 Hari

Durasi menstruasi yang normal adalah 3-7 hari. Biasanya perbedaan lamanya menstruasi pada tiap-tiap orang tergantung pada volume darah yang dikeluarkan. Makin pendek durasinya, maka makin banyak juga bolume darah yang keluar setiap harinya. 

Sementara untuk kasus masa menstruasi yang berlangsung tetus-menerus lebih dari 7 hari. Hal tersebut bisa karena efek konsumsi pil KB, obesitas, penyakit tiroid, adenomiosis dan masih banyak lagi. Agar lebih jelas dan bisa dilakukan penangan yang tepat, segera konsultasikan jika menstruasi sudah lebih dari dua minggu.

3. Warna Darah Menstruasi

Darah haid yang normal akan berwarna merah terang. Namun hal ini juga tergantung pada volume darah yang keluar serta kekentalannya. Mendekati usai maja warna darah akan cenderung kecoklatan. Perlu segera konsultasi, jika darah di hari pertama sudah kecoklatan bahkan hitam serta berbau menyengat. Sebab bisa saja menjadi indikasi adanya penyakit tertentu.

Demikian informasi mengenai masa menstruasi yang normal berikut ciri-ciri pendukungnya. Kamu bisa dapatkan informasi seputar kesehatan reproduksi juga tips kebugaran juga kesehatan wanita di charmgirlstalk.com. Selain menambah pengetahuan, dapatkan juga rekomendasi produk pembalut terbaik yang aman dan nyaman.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Masa Menstruasi yang Normal?"